Tips memasimalkan otak



Otak adalah sebuah organ tubuh yansg mengalami proses evolusi yang paling dahsyat dan sempurna dalam sejarah perkembangan manusia. Selama beribu-ribu tahun otak mengalami penyusutan. Eits… tapi jangan salah. Semakin kecil otak, maka keefesien dan keefektifan berfikirnya semakin baik pula. Jadi, jangan salah menyebut orang sebagai otak udang, tau-tau malah lebih pinter dari pada kamu! Haha… (just kidding)

Bayangkan berat otak manusia pada umumnya hanya seberat 1,5 kg tapi kemampuannya sangat luar biasa. Otak manusia hingga saat ini masih sedikit sekali yang terungkap. Kadang manusia sendiri terlalu sibuk mengamati misteri alam sekitarnya tanpa tahu bahwa di dirinya sendiri pun masih banyak menyimpan tanda tanya. Ada yang bilang otak kita sama dengan computer atau sesungguhnya lebih canggih dari sekedar computer. Perbedaannya, kalau kinerja prosesor dapat diuraikan secara logika, tapi tidak untuk otak. Rumit banget pokoknya... Otak manusia terdiri dari dua bagian besar yaitu otak sadar dan otak bawah sadar. Selain itu dari fungsinya otak juga dapat dibagi menjadi dua bagian yaitu otak bagian kiri yang berfungsi bekerja secara logika dan otak bagian kanan yang berfungsi bekerja dengan imajinasi. Berikut ini perbedaan cara kerja otak kiri dan otak kanan manusia:

Belahan otak kiri
Belahan otak kanan
Matematika
Bahasa verbal
Membaca
Menulis
Logika
Urutan
Sistematis
Analisis
Kreativitas
Konseptual
Inovasi
Gagasan
Analogis
Imajinasi/mengkhayal
Warna dan gambar
Musik/melodi/irama
Kapasitas dari potensi pikiran sadar manusia hanya sebesar 12% dari otaknya sedangkan sisanya adalah kapasitas potensi pikiran bawah sadar sebesar 88%. Seorang yang jenius dapat mengoptimalkan cara kerja otak sadarnya sebesar 5-6% dari kapasitas otak sadar manusia pada umumnya yaitu 12%. Salah satunya adalah Albert Einstein, seorang ilmuwan yang sangat tersohor, tapi jenis orang seperti ini tidak banyak hanya ± 100 manusia di dunia ini. Berdasarkan penelitian terbaru bahwa setiap sel otak yang tersambung dengan sel otak yang lainnya akan membantu proses berpikir. Semakin banyak sambungan sel dalam otak maka akan semakin cerdas otak kita. Sedangkan manusia rata-rata hanya menggunakan kapasitas otak sadar kurang dari 4%. Tapi potensi tersebut masih bisa ditingkatkan, asalkan tahu caranya dan mau melatihnya. Hanya ada 1.000.000 orang di dunia ini yang mampu mengoptimalkan cara kerja otak sadarnya mencapai kapasitas 4%. Sudah pasti prestasi mereka sangatlah menakjubkan.
Sebenarnya tidak ada rahasia dalam menggali potensi dari kekuatan pikiran kita. Kuncinya hanya apa yang masuk ke dalamnya. Karena apa yang masuk ke dalam pikiran, apa lagi secara berulang-ulang, maka akan terprogram ke dalam pikiran bawah sadar, sehingga akan menjadi suatu keyakinan yang terekam baik.
Nah, untuk teman-teman Zapo khususnya, ketika ada pelajaran nggak usah dihafalkan hanya bikin stress, apalagi menggunakan Sistim Kejar Semalam. Semua itu dengan cara dipahami, diresapi, diperhatikan, dan dibaca setiap hari. Sehingga akan terekan baik. Sering-sering juga berfikir kritis dan menggunakan logika atas suatu permasalahan, apalagi ketika menemukan soal ujian yang tergolong susah, karena kegiatan ini juga dapat memacu otak bawah sadar kita. Efektif…

Dari artikel di atas dapat disimpulkan, sesungguhnya manusia tidak ada yang bodoh, manusia sebenarnya hanya belum tahu cara mengoptimalkan cara kerja otaknya. Coba sekarang pikirkan, masihkah kita selalu mengeluh dan hanya mengkomen tentang keunggulan teman? Maka, mulai sekarang kita harus bersyukur atas semua rahmat yang telah diberikan.
 
sumber : http://sarwendahs.blogspot.com

Artikel Terkait

0 komentar

Posting Komentar

Cancel Reply