Lebah tabuhan musuhnya kupu-kupu


Punya sengat dan badan belang-belang, tapi bukan lebah. Mirip semut, tapi bukan semut. Itulah lebah tabuhan atau dalam bahasa Inggris disebut wasp. Binatang yang sangat dibenci kupu-kupu. Mengapa ?

Pembunuh Bayi Kupu-Kupu
Induk kupu-kupu menaruh telur cekecil pasir di atas daun. Telur kecil itu menetas menjadi ulat. Ulat kupu-kupu kerjanya makan dan makan terus sampai gendut. Sayangnya, ibu kupu-kupu tidak pernah tahu kalau ulat kupu-kupu telah diserang lebah tabuhan. Ya, lebah tabuhan betina diam-diam menyengat ulat kupu-kupu. Sambil menyengat, lebah tabuhan betina menaruh telur ke dalam tubuhulat kupu-kupu. Ulat yang gendut tidak pernah tahu ada telur lebha tabuhan di dalam tubuhnya. Di dalam perut ulat kupu-kupu, telur lebah tebuhan menetas dan berubah jadi ulat lebah tabuhan.

Ulat lebah tabuhan memakan semua makanan yang dimakan ulat kupu-kupu. Pintarnya, ulat lebah tabuhan tidak sampai mematikan ulat kupu-kupu. Tetapi, begitu ulat tabuhan siap jadi kepompong, perut ulat kupu-kupu dijebol. Pyarrrr…. Perut ulat kupu-kupu pecah dan keluarlah kepompong lebah tabuhan ! Kasihan ulat kupu-kupu pun mati ! Lebah tabuhan telah menjadi parasit bagi ulat kupu-kupu. Oleh karena itu, lebah tabuhan disebut binatang parasitoid.

Senjata Rahasia
Senjata rahasia yang dimiliki ulat tabuhan bernama ovipositor. Ovipositor berupa jarum untuk menyuntikkan telur ke tubuh ulat kupu-kupu. Tentu saja, labah tabuhan adalah musuh utama kupu-kupu. Kupu-kupu tidak berdaya terhadap serangan lebah tabuhan. Manusia banyak memakai lebah tabuhan untuk membasmi hama ulat di pertanian.

sumber :http://sarwendahs.blogspot.com

Artikel Terkait

0 komentar

Posting Komentar

Cancel Reply